P3M

Unit Pengelola Penelitian & Pengabdian Masyarakat

Politeknik membentuk unit yang bertanggungjawab, melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Politeknik pada tahun 2008 sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Nomor 414/SK-PHB/III/2008 tentang Pendirian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Politeknik Harapan Bersama. Selama LP2M berdiri, telah menghasilkan beberapa penelitian dan pengabdian masyarakat baik dana mandiri, institusi maupun hibah dari pemerintah.

Pada tahun 2014 nama LP2M kemudian diubah menjadi P3M berdasarkan Surat Keputusan Direktur Nomor 247/SK-PHB/VI/2014 tentang Perubahan Surat Keputusan Nomor 173/SK-PHB/IV/2014 tentang Struktur Organisasi dan Deskripsi Kerja Pejabat Politeknik Harapan Bersama.

P3M merupakan unit yang terdiri dari Ketua P3M, Divisi Penelitian, Pengabdian Pengabdian Masyarakat dan Bendahara. Perubahan status kelembagaan tersebut mengubah paradigma fungsi P3M Politeknik Harapan Bersama tidak hanya sekedar melaksanakan fungsi utamanya, tetapi harus terus berupaya melakukan berbagai inovasi penelitian dan pengabdian dalam rangka mendukung upaya Politeknik Harapan Bersama  menuju  Kampus vokasional berwawasan global, untuk menopang pencapaian tersebut, tidak kalah pentingnya  adalah kerjasama dengan berbagai pihak dalam skala lokal, nasional, dan internasional.