P3M POLTEK TEGAL

Pusat Penelitian & Pengabdian Masyarakat

P3M Politeknik Harapan Bersama Tegal Studi Banding ke P3M Politeknik Negeri Semarang


Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta pengalaman tentang kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Politeknik Harapan Bersama. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Harapan Bersama melakukan kunjungan studi banding ke Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Semarang.

P3M PHB menyelenggarakan Studi Banding ke P3M Politeknik Negeri Semarang merupakan sarana menjalin kerjasama dalam bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, kegiatan ini diharapkan dapat bertukar pengalaman dari Dosen-Dosen Polines dalam mendapatkan hibah dan publikasi sehingga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas penelitian dan peran serta Politeknik Harapan Bersama Tegal dengan Politeknik Negeri Semarang dalam penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Studi Banding Ini diharapkan tercapainya kerjasama (MoU) dengan P3M Polines yang dapat memotivasi, meningkatkan kualitas dan menguatkan unit P3M dalam memfasilitasi dosen PHB dalam melakukan penelitian sehingga mampu meningkatkan penelitian dan publikasi yang bermutu dan berkulitas sebagai salah satu wujud Tri dharma Perguruan Tinggi, sehingga semangat serta kemandirian dosen PHB dalam melakukan penelitian tertanam dalam jiwa seleuruh civitas akademik.

Studi banding ini dilaksanakan pada tanggal 28 September 2016, bertempat di Gedung Kerjasama lantai 2 rombongan Politeknik PHB yang diwakili oleh Wakil dierktur 1 PHB Arfan Haqiqi Sulasmoro, M.Kom ketua P3M Dairoh, M.Sc, Staff P3M divisi pengabdian Trima Mustofa, S.ST serta mengikutkan perwakilan dosen PHB bapak Giananjar Wiro Sasmito, M.Kom perwakilan Reviewer Internal PHB, Dosen Rumpun ilmu akuntansi Ibu Yeni Priatna Sari, SE, M.Si Akt CA dan perwakilan dosen untuk rumpun ilmu kesehatan Iroma Maulida, S.KM.M.Epid disambut oleh Wadir I POLINES Bapak Akhmad Jamaah,ST,M.Eng. Dalam sambutannya, Bapak Jamaah menyambut hangat kunjungan studi banding ini. Beliau mengharapkan studi banding ini adalah sarana pertukaran informasi, berbagi pengetahuan antara POLINES dan Politeknik Harapan Bersma. Lebih lanjut studi banding ini juga diharapkan diikuti komitmen kerjasama di kegiatan pelatihan, workshop atau seminar yang dilakukan oleh masing-masing P3M, Komitmen pertukaran pengisian jurnal antara dosen Polines dengan dosen PHB, Komitmen kerjasama dibidang penelitian khususnya pertukaran dalam bidang kebutuhan alat dan kebutuhan orang yang ahli dalam bidang yang diinginkan serta kerjasama di bidang pengabdian masyarakat. Senada dengan hal tersebut ketua P3M Politeknik Harapan Bersama Dairoh,M.Sc, kedepan diharapkan adanya kerjasama di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi.

Dalam kunjungan tersebut juga disampaikan oleh Bapak Dr. Sidiq Syamsul Hidayat,ST,M.Eng selaku ketua P3M POLINES bahwa penting sekali untuk semua Dosen melakukan penelitian dan Pengabdian Masyarakat, selain merupakan kewajiban Dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dari hasil penelitian dan pengabdian masyarkat juga diharapkan mendapat luaran publikasi karena salah satu elemen peningkatan rangking institusi di pengaruhi hasil penelitian yang di publikasikan. Yakni publikasi di jurnal nasional terkreditasi dan jurnal internasional yang terindeks scopus. Saran lain yang juga disampaikan oleh Bapak Siidiq Sebagai seorang dosen harus dapat Memanfaatkan dana hibah yang disediakan oleh pemerintah. Setiap dosen yang tersertifikasi setiap tahunnya harus melakukan penelitian dan pengabdian karena untuk pelaporan BKD dosen tiap semester..